Widget HTML #1

Pentingnya Menjaga Persatuan Dalam Perspektif Islam


Saat ini bangsa Indonesia sedang menjalani hajatan Pilkada atau Pemilihan Kepala Daerah yang akan serentak dilakukan pada tanggal 27 November 2024. Pilkada Serentak ini akan menjadi sejarah baru dalam demokrasi di Indonesia, karena 37 provinsi, 415 kabupaten dan 93 kota atau total 545 daerah akan memilih kepala daerahnya masing-masing.

Sayangnya, perhelatan besar ini ternyata justru diwarnai ketegangan yang luar biasa di kalangan umat Islam. Perbedaan sikap yang diambil oleh beberapa partai yang dianggap mewakili Umat Islam, telah menuai kritik tajam, bahkan caci maki yang pedas. Meskipun perbedaan pendapat adalah suatu hal yang wajar, tetapi sebaiknya Umat Islam kembali pada syariat, di mana menjaga persatuan adalah hal paling mendasar dalam ajaran Islam.

Ada beberapa alasan mengapa persatuan dalam perspektif Islam sangat penting untuk dijaga. Berikut ini uraiannya. 

1. Merupakan Perintah Allah dan Rasul-Nya

Islam sangat menekankan persatuan dan solidaritas di antara umatnya. Dalam Al-Qur'an, Allah SWT menyuruh kita untuk tidak bercerai-berai dan tetap berpegang teguh pada tali Allah.

wa‘tashimû biḫablillâhi jamî‘aw wa lâ tafarraqû wadzkurû ni‘matallâhi ‘alaikum idz kuntum a‘dâ'an fa allafa baina qulûbikum fa ashbaḫtum bini‘matihî ikhwânâ, wa kuntum ‘alâ syafâ ḫufratim minan-nâri fa angqadzakum min-hâ, kadzâlika yubayyinullâhu lakum âyâtihî la‘allakum tahtadûn

Berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, janganlah bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara. (Ingatlah pula ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk (QS Ali Imran: 103).

2. Memperkuat Ukhuwah Islamiyah

Persatuan umat Islam memperkuat ukhuwah (persaudaraan) di antara mereka. Ukhuwah Islamiyah membangun ikatan yang lebih kuat antarsesama Muslim, menjadikan mereka saling mendukung dan menjaga satu sama lain.

Allah SWT juga berfirman, “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara...” (QS. Al-Hujurat: 10). 

Rasulullah SAW juga mengajarkan pentingnya persatuan melalui sabdanya, “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu ibarat satu tubuh, jika satu bagian merasakan sakit, maka seluruh tubuh akan merasakan sakit” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Persatuan Menjaga Stabilitas Sosial

Stabilitas sosial adalah hal yang sangat penting untuk membuat pranata sosial berjalan sesuai dengan aturannya. Dengan adanya persatuan stabilitas sosial dan ketertiban di masyarakat akan terbentuk. Dengan bersatu, umat Islam dapat lebih mudah mengatasi berbagai tantangan dan masalah yang mungkin timbul, serta menjaga keamanan dan kedamaian dalam komunitas. 

Inilah mengapa Umat Islam sangat menekankan sekali hal-hal yang bertujuan untuk terbentuknya persatuan dan stabilitas sosial seperti anjuran memperbanyak silaturahmi, saling tolong menolong dalam kebaikan, menghormati hak-hak orang lain, dan sebagainya.

4. Mencegah Perpecahan dan Konflik

Konflik, perpecahan, dan peperangan adalah momok yang harus dijauhi dalam Islam maupun dalam sistem lainnya. Banyak negara hancur karena masalah ini. 

Persatuan mencegah perpecahan dan konflik di antara umat Islam. Perpecahan dapat mengakibatkan kelemahan dan kerugian, baik dalam aspek spiritual maupun duniawi. Islam mengajarkan agar umatnya menjauhi perpecahan dan konflik yang dapat merusak kesatuan.

5. Mewujudkan Tujuan Bersama

Ada pepatah, bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Tentu ini hal yang sangat tepat. Lidi jika berserak, maka tak akan bisa digunakan untuk menyapu. Tetapi jika disatukan dan diikat, maka akan jadi pembersih yang efektif.

Persatuan memudahkan umat Islam untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama, seperti dakwah, kebaikan sosial, dan pembangunan masyarakat. Dengan bersatu, umat Islam dapat lebih efektif dalam menyebarkan nilai-nilai Islam dan berkontribusi positif bagi masyarakat luas.

Jadi, menjaga persatuan adalah bentuk pengamalan ajaran Islam yang sangat penting untuk mencapai kesejahteraan dan kemajuan bersama. Namun, seringkali syahwat berpecah belah kita lebih kuat daripada naluri untuk bersatu. Semoga kita semua terhindar dari segala penyakit suka berburuk sangka, reaktif, sumbu pendek, gemar mencaci maki dan mencela saudara seiman hanya karena berbeda pilihan.

Wallahu a'lam.

[YM].

Posting Komentar untuk "Pentingnya Menjaga Persatuan Dalam Perspektif Islam"