Widget HTML #1

5 Tips Memilih Laptop

Sekarang, hampir seluruh aktivitas kantor atau perkuliahan selalu berhubungan dengan internet dan komputer. Maka, laptop menjadi gawai yang sangat penting. Begitu juga saya. Sebagai seorang penulis dan pekerja kantoran yang nyaris seluruh job des-nya berkaitan dengan tulis menulis, keberadaan laptop yang bagus merupakan hal urgen bagi saya. Pernah suatu hari laptop saya masuk “rumah sakit” alias tempat service karena mengalami kerusakan. Selama beberapa hari, saya bengong, bingung harus mengerjakan apa. Apalagi, saat itu, saya tidak mem-back-up data-data saya terlebih dahulu. Lebay sepertinya ya,kalau saya bilang, “tanpa laptop saya mati gaya.” Tapi, memang itulah kenyataannya. Hanya orang-orang yang menjalani yang tahu bagaimana rasanya ditinggal si “laptop” tercinta.

Saking berartinya, sampai-sampai seorang teman pernah berkata, “Laptop itu sama dengan istri kedua saya.” Kalau ini, mungkin lebay betulan, hehe. Tetapi saya paham, pernyataan ini menunjukkan bahwa laptop, bagi orang-orang seperti kami memang suatu hal yang sangat penting.

Oleh karena itu, saya dan teman-teman sangat berhati-hati dan meneliti dengan baik laptop yang kami pakai.  Apa saja yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih laptop?

Mari kita bahas.

1. Pertimbangan Brand

Apa sih, artinya sebuah brand? Memangnya brand itu jaminan mutu? Anda boleh tidak percaya tentang makna sebuah brand, tapi nyatanya riset membuktikan bahwa brand ternyata menjadi salah satu faktor penting dalam keputusan pembelian. Menurut riset Sarwar & Iqbal, sebagaimana dilansir dari researchgate.net (13/10/2016), branding ternyata berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian.

Mengapa begitu? Sebab brand memang merupakan jaminan kualitas. Membangun brand tidak cukup hanya setahun dua tahun, tetapi merupakan kerja panjang yang terencana. Jadi, pilihlah laptop dengan brand yang terpercaya.

2. Pertimbangan harga

Bagi pekerja kantoran, laptop tentunya perlu yang bagus. Namun, kata orang Jawa, ono rego ono rupo, ada harga ada spek. Tapi, kita bisa kok mencari harga paling minimalis dengan spek paling maksimal. Cobalah untuk melihat review-review independen produk laptop yang bisa kita dapatkan di Youtube atau berbagai media lainnya.

3. Laptop harus kokoh dan bandel

Ada laptop yang tampaknya cantik, namun ternyata ringkih. Kalau menurut saya, laptop haruslah bandel dan kokoh, penampakan bagi saya sih nomor dua. Pilihlah laptop dengan kontruksi yang kokoh. Orang kantoran yang mobile membutuhkan hal ini, sebab mereka harus membawa laptop mereka bolak-balik kantor-rumah. Kadang juga dibawa jika harus melakukan pekerjaan dinas ke luar kota. Selain body yang kokoh, pastikan juga keyboard atau keypad-nya tidak mudah rusak. Saya pernah memiliki laptop, baru saja beli, keypadnya sudah rusak. Setelah melihat review produk tersebut, ternyata memang kelemahannya di keypad.

4. Spesifikasi dan Ukuran Layar

Ini tentu sangat penting. Bagaimana mungkin kita bisa bekerja dengan Teknologi Informasi supercanggih jika laptop kita lemot.  Jadi, perhatikan speknya. Prosesornya, RAM-nya, ukuran harddisk, dan sebagainya. Layar juga diperhatikan. Bekerja dengan laptop berlayar besar tentu menyenangkan, namun konsekuensinya, harus menjinjing atau menggendong tas dengan berat yang cukup bikin pegal, bukan? Padahal, laptop akan kita bawa kemana-mana, tentunya tidak perlu terlalu berat. Tetapi, layar yang terlalu kecil juga bikin mata mudah capek dan perih.

5. Fasilitas dalam Paket Pembelian 

Ini sih tentatif, ya. Tetapi juga perlu dipertimbangkan. Bukan sekali dua kali saya merasa kerepotan ketika charger mengalami kerusakan atau tertinggal di tempat tertentu. Ada beberapa produk laptop yang memberikan 2 buah kabel charger pada paket pembelian laptop merk tersebut. Juga penting untuk dilihat, apakah ada CD / DVD, buku petunjuk yang sangat komplit, dan fasilitas untuk recovery hardisk atau tidak. Intinya, makin lengkap makin baik.

Nah, kamu mau beli laptop? Bolehlah 5 hal tersebut didiskusikan dengan penjual laptop langganan Anda. Atau, bisa juga mencari review di media sosial minimal untuk 5 hal tersebut. 

Penulis: Afifah Afra.

Posting Komentar untuk " 5 Tips Memilih Laptop "